TeMBok HadriAN mASIH BerDirI MeGAH Moslem.Blog: TeMBok HadriAN mASIH BerDirI MeGAH

TeMBok HadriAN mASIH BerDirI MeGAH

Tuesday, September 28, 2010

HAMPIR setiap negara di dunia memiliki bangunan sejarah yang dikategorikan sebagai Situs Warisan Dunia. Begitupula dengan tembok besar Hadrian yang meninggalkan bangunan sejarah Romawi di Inggris Utara.

Tembok Hadrian (Latin: Vallum Aelium) adalah sebuah benteng batu dan kayu besar yang dibangun pada 122 AD oleh Kekaisaran Romawi. Tembok ini dibuat pertama kali dan lebih dikenal dari Tembok Antonine di Skotlandia serta benteng lainnya di seluruh wilayah Britania Raya.

Panjang Tembok Hadrian diperkirakan bisa mencapai 117 km (dari Segedunum, Wallsend, Sungai Tyne hingga ke Pantai Solway Firth) dan lebarnya tergantung pada tekstur bangunan yang tidak sama ukurannya. Misalnya saja tembok di sebelah timur Sungai Irthing lebarnya mencapai 3 meter dan tingginya 6 meter. Sedangkan lebar tembok di barat sungai 6 meter dan tinggi 3,5 meter.

Ini adalah daya tarik wisata paling populer di Inggris Utara. Sebagian besar dinding Tembok Hadrian masih tersisa berdiri, dan para pengunjung bisa bersepeda atau berjalan kaki di lintasan tengah tembok. Agar lintasannya lebih menarik, sejak 13 Maret 2010 Tembok Hadrian dilengkapi dengan 500 rambu yang mewarnai keindahannya.

Jika Anda berminat untuk ke sana, bisa menggunakan transportasi bus dari Carlisle ke Housesteads melalui Haltwhistle. Untuk info lebih lanjut, segera kunjungi situs www.traveline.info.

Tembok Hadrian merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang dinobatkan pada tahun 1987. Selain sebagai benteng pertahanan, dahulu tembok ini juga dijadikan sebagai zona perbatasan dalam meningkatkan stabilitas ekonomi dan perdamaian di wilayah Britania.(*/X-12)

0 comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget