OKI MINTA BANTUAN PBB,ATAS AKSI ISRAEL Moslem.Blog: OKI MINTA BANTUAN PBB,ATAS AKSI ISRAEL

OKI MINTA BANTUAN PBB,ATAS AKSI ISRAEL

Tuesday, September 28, 2010

JENEWA--MI:  Organisasi Konferensi Islam (OKI), Senin (27/9), meminta Dewan HAM PBB mendukung laporan, yang mencantumkan bukti jelas untuk tindakan hukum terhadap Israel atas serangannya pada kapal bantuan kemanusiaan Gaza.

Pakistan mengumumkan resolusi atas nama ke-57 anggota OKI guna mendesak dewan itu mendukung laporan tersebut, yang menunjukkan bukti jelas, yang dapat menghukum Israel atas serangannya terhadap kapal bantuan kemanusiaan.

Resolusi itu, yang akan dipilih oleh 47 anggota Dewan HAM PBB, "mendorong kesimpulan-kesimpulan yang terdapat dalam laporan" dan "menyeru seluruh pihak untuk menjamin penerapannya segera".

Penyelidikan yang diperintahkan oleh dewan mengeluarkan sebuah laporan yang memberatkan bulan ini terhadap aksi yang dilakukan oleh para prajurit Israel ketika mereka menyerang sebuah kapal yang membawa bantuan ke Gaza pada Mei lalu.

Laporan itu menemukan dengan jelas bukti-bukti yang dapat mendukung pengadilan atas kejahatan termasuk "pembunuhan dengan disengaja, penyiksaan atau perlakukan tidak berperikemanusiaan, dan mengakibatkan cedera serius pada tubuh atau kesehatan dengan sengaja."

Sembilan warga negara Turki tewas dalam insiden dan laporan itu menyebutkan bahwa beberapa diantara mereka adalah korban dari aksi "yang sesuai dengan ...ringkasan eksekusi".

Israel telah menolak pembuktian sedari awal, namun penyelidik mendesak negara itu bekerja sama dan membawa pelaku kejahatan ke pengadilan. Resolusi yang diserahkan oleh Pakistan itu juga menyeru Majelis Umum PBB untuk mempertimbangkan laporan tersebut. (Ant/OL-2)

0 comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget